TAPKIT Growers Club

Profile

Join date: Oct 5, 2022

About
0 Like Received
0 Comment Received
0 Best Answer

Tempat Mengagumkan untuk Didatangi di Propinsi Papua


Indonesia ialah surga terselinap untuk pelancong lokal atau luar negeri. Panorama pantai dan pegunungan yang cantik di beberapa penjuru tanah air bukan rahasia kembali. Jumlahnya pelancong asing yang tiba ke beragam tempat rekreasi di semua Indonesia sudah menyadarkan warga di tempat dan memulai berperan serta membuat infrastruktur supaya pelancong terasa nyaman saat bertandang.


Salah satunya tempat paling indah di Indonesia ialah Papua, yang di tahun 2003 dipisah jadi dua propinsi yakni Papua dan Papua Barat. Keelokan alam Papua memang masih natural serta mengagumkan.


Berada pada bagian timur pulau Papua, Propinsi Papua banyak memiliki taman nasional dan bermacam budaya yang memikat buat disaksikan dan didalami. Anda dapat rasakan kehidupan warga lokal yang tradisionil, berekreasi sekalian nikmati panorama alam dan coba makanan ciri khas di tempat. Berikut dari Papua ID enam lokasi yang mengagumkan untuk didatangi di Propinsi Papua.


1. Pulau Biak

Biak dan Pulau Numfor sebagai satu kesatuan yang membuat Kabupaten Biak. Biak yang berada di Teluk Cendrawasih banyak memiliki tempat memikat buat didatangi. Di Biak sisi utara, ada Dusun Amoi yang populer dengan panoramanya yang cantik. Disamping itu, ada pula Museum Cendrawasih yang simpan banyak koleksi Perang Dunia II. Janganlah lupa untuk coba makanan ciri khas Biak yang terkenal yakni Singkong Marapen. Singkong dibuntel pelepah pisang lalu dibakar di atas bara panas. Ada pula Japan Iyen food yakni talas yang direbus tanpa bumbu dan dihidangkan dengan ikan laut berbumbu pedas.


Tempat rekreasi menarik yang lain di Biak ialah Taman Burung dan Taman Anggrek yang berada di teritori Bosnik. Mereka mempunyai koleksi burung dan tumbuhan yang cukup bermacam dengan info yang komplet. Disamping itu, Biak mempunyai Pantai Bosnik dan Air Terjun Wafsarak.


2. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik mempunyai nama lain yakni Pantai Segara Cantik yang berada disebelah timur Pulau Biak, persisnya di Dusun Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Propinsi Papua. Bosnik bukan hanya mempunyai panorama pantai yang cantik, tapi juga mempunyai terumbu karang yang mengagumkan hingga pengunjung bisa berenang, berjemur bahkan juga snorkeling. Tetapi berharap waspada bila ingin snorkeling di Pantai Bosnik, karena perairannya bertemu langsung dengan Samudera Pasifik dan mempunyai arus yang kuat.


3. Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak berada lumayan jauh dari Kota Biak, memerlukan waktu sekitaran dua jam perjalanan dari pusat perkotaan dengan mobil atau sepeda motor. Wafsarak yang mempunyai nama lain Air Terjun Warsa ini berada tidak jauh dari teritori pantai. Walau termasuk air terjun yang agak miring dengan ketinggian sekitaran 10 mtr., Wafsarak mempunyai panorama air terjun yang cantik dan suara gemerisik air yang menentramkan.


Warga sekitaran menjaga tempat wisata ini dengan cermat dan kelihatan dari warna air terjun yang kebiru-biruan dan panorama sejuk yang alami. Berkunjung air terjun ini, Anda dibolehkan untuk berenang dan nikmati panorama air terjun ini di atas bukit dengan 1 persyaratan pengunjung jangan mencemarkan tempat sekitaran air terjun.


4. Lembah Baliem

Lembah Baliem sebagai rumah untuk suku Dani, Yali, dan Lani yang berada disekitaran Gunung Jayawijaya yang disebut salah satunya gunung paling indah di Indonesia. Perjalanan ke arah Lembah Baliem memang susah, tetapi Anda dapat meraihnya dengan pesawat dari Kota Jayapura dan langsung ke arah kota Wamena, kota khusus di teritori Lembah Baliem.


Panorama Lembah Baliem yang mengagumkan memvisualisasikan peradaban jaman batu dan mayoritas tempat cuma bisa dijangkau dengan sepeda atau jalan kaki. Perdesaan disekitaran lembah menjadi tempat rekreasi khusus, karena pengunjung dapat trackking sekalian melihat kehidupan warga Baliem yang menjaga tradisi istiadat dan hidup secara tradisionil.


5. Danau Paniai

Paniai sebagai salah satunya danau yang mempunyai pemandangan cantik yang berada di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai mempunyai luas 14.500 Ha dan sebagai salah satunya danau paling besar di Indonesia. Keelokan Danau Paniai sudah dianggap oleh beberapa ratus negara pada Pertemuan Danau Sedunia di India di tahun 2007.


Saat pagi sampai siang hari, Anda dapat nikmati sejuknya udara dengan birunya air danau. Panorama pegunungan dan kegiatan masyarakat sekitaran akan menganakemaskan mata Anda. Tetapi, bila ingin nikmati situasi yang lain, Anda dapat tiba di sore hari untuk memperoleh peristiwa sunset. Airnya yang jernih akan mempermudah Anda untuk menyaksikan ikan dan biota air tawar di danau.


Sarana di danau ini lumayan komplet dengan pos menjaga dan beberapa pemandu rekreasi. Anda bisa juga sewa perahu untuk telusuri danau. Untuk Anda yang hoby memancing, disiapkan alat pancing. Dan bila ingin menginap, ada beberapa pemondokan atau dapat menginap di dalam rumah masyarakat di tempat.


6. Danau Sentani

Danau Sentani Jayapura tidak jauh dari pusat ibukota Propinsi Papua, Jayapura. Sentani mempunyai 22 pulau besar dan kecil. Beberapa pulau ini mempunyai kelebihan tertentu dan banyak salah satunya sudah dibuka sebagai tempat rekreasi. Danau ini banyak memiliki pulau karena luasnya capai 9.360 hektar.


Danau Sentani memuat air dari 34 mata air dari sekitaran Pegunungan Cycloop. Besarnya debet air dan luasnya danau menyebabkan beragam jenis biota yang berada di sekitaran danau. Selainnya tumbuhan air, danau ini ditempati sekitaran 30 spesies ikan fresh. Bahkan juga empat salah satunya sebagai epidemik Danau Sentani. Spesies itu ialah ikan todak (Pristis microdon), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), ikan pelangi sentani (Chilatherina sentaniensis) dan ikan gabus Sentani (Oxyeleotris heterodon).

RapilaDelu

More actions